aku sekarang tak bisa tidur


aku sekarang tak bisa tidur,
sekarang pukul 02.10 dini hari
buku sedang tidur, bantal sedikit mengantuk
kudengar The Beatles dengan In My Life
campur bunyi saron lagu Sri Katon
hidup bicara sungguh pelik
tapi tertawa selalu
biar tak dianggap pelit

dentum bonang terbayang menyayat tenggorokan
hei radang tenggorokan
setiap kutelan rasanya sakit
aku pulang kelewat malam, bis pindah jalur,
sepulangnya hampir tertabrak
sepeda motor lawan arus
kenek mengumpat, pengendara motor lari
tanganku keseleo sedikit tapi tak apa
aku membicarakan diri sendiri bodoh
tak hati-hati. 
tapi.. Some have gone and some remain
All these places had their moments
kata beatles, aku selalu percaya kata beatles

akan ada yang pergi dan membekas
yang membekas silakan saja pergi juga tak apa

tadi ada empat pengamen singgah di kopaja, 
mungkin ada empat jenis pengamen:
yang muda dan pasrah, yang tua dan memaksa
muda dan pemaksa, tua dan pasrah
soal suara tak jadi soal
asal bisa beberapa nada
jadilah lagu
walau kadung lirik tak hapal
soal baju dan sandal lupakan
tak ada yang protes

seorang ibu di sebelah membelah apel dan mengupas 
dengan cerdas
si pengamen menelan ludah terpaksa
aku mendengar hari ini akan panjang
benar saja sekarang pukul 2:28
buku sudah tidur, bantal pun tak kalah,
nanti aku menyusul saja.


2012