aku tidak marah pada kalian

aku tidak marah pada kalian
aku marah pada diriku yang tak mampu membuat kalian mengerti perkataanku

aku tidak marah pada kalian
aku marah pada diriku yang tak bisa menyampaikan pikiranku pada kalian

aku tidak marah pada kalian
aku marah pada diriku yang tak ambil peduli karena menyerah untuk berusaha membuat kalian paham

tapi cintaku, duhai anak-anakku..
cintaku adalah yang tak tertuliskan di atas kertas maupun perkamen manapun

dan sayangku adalah doa-doa menjelang fajar bagi kalian di masa depan

aku tidak marah pada kalian
aku marah pada anggota tubuhku yang sesekali lepas kendali
aku marah pada diriku yang belum mampu menambah kadar kesabaranku
aku marah pada perasaan kekanak-kanakanku yang tak mampu kutimbang

sesungguhnya, aku tak pernah benar-benar bisa marah...
karena itulah kenapa aku lebih banyak diam.


{September, 2014}