Racau Senja




aku lihat senja yang sama seperti kemarin, inilah ketentraman yang kumaksud. melakukan perjalanan pulang, tapi tak juga ingin sampai ke tujuan. sebab khawatir tak akan lagi menemukan ketentraman.

aku hirup udara yang sama seperti kemarin, diantara bising mesin kendaraan dan bau knalpot, ranting-ranting pohon yang selalu kurindukan keteduhannya, dan matahari yang selalu terlihat lebih kecil dari retina mataku. kenapa selalu terbayang seolah seperti sedang berada di tempat lain? di tempat yang jauh dari kota yang angkuh. aku tak ingin pulang, melainkan ingin pergi. menemukan jalan-jalan setapak yang akan membawaku entah kemana, menginjak akar-akar yang kuat dan bermunculan dari tanah, mendapati daun-daun tua yang terselip di antara jari-jari kakiku.

seolah sedang berada di tempat yang lain dan kembali menulis, sungguh-sungguh menemukan satu-satunya keheningan yang sanggup diajak berbincang. menangkap momen demi momen dan kata-kata yang berputar dalam kepala. kenapa selalu terbayang seolah seperti berada di tempat lain?

2014