Setelah Mencintaimu


Tonight’s sunset.



Setelah mencintaimu aku jadi banyak melakukan hal-hal yang tak masuk akal
Setiap pagi tubuhku dimandikan cahaya matahari
dan aku mandi dengan air yang memiliki banyak kenangan
sebab ia tak jernih seperti air di Jakarta

Setelah mencintaimu hamparan sawah jadi kawanku
Sebab manusia jarang kutemui
Gedung-gedung tinggi dan asap-asap knalpot meninggalkanku
Aku tak tahu apakah ini baik atau tidak bagiku
Suhu panas di siang hari dan kondisi air tanah yang tidak begitu baik
Tiba-tiba bisa bisa saja kuterima
Tanpa aku tahu kenapa

Namun rupanya menyenangkan juga
Membeli dan mengatur barang-barang baru
di rumah baru
rumah yang tentunya bukan milik sendiri

Tapi apa artinya
Jika aku bisa meletakkan kompor dimanapun aku mau
Pergi ke pasar dan memilih mana sayuran
yang terbaik untuk bisa dimakan hari ini

Menemukan ulat-ulat berjalan di brokoli

Mendapati sarang lebah yang semakin membesar di penyangga rumah
Bertemu dengan kelelawar di kamar mandi
barangkali adalah perkara yang tiba-tiba saja bisa kumaklumi
setelah mencintaimu

Kupikir hidup memang baik-baik saja

Karena selalu ada tawa bahagia yang terdengar
dari rumah kita


Bantul, 9 November 2017
Sumber gambar: pinterest