Cita Cita Yang Dimulai Dari Diri Sendiri



Belakangan ini kurang bisa menulis dengan imajinasi sendiri karena, jujur, kurangnya asupan bacaan. Lebih banyak berselancar di dunia mayanya daripada membaca buku bacaan yang bergizi. Dan baiklah saya akan menebus dosa untuk itu. Yakni dengan berikrar kepada diri sendiri untuk lebih banyak membaca buku lagi :D Selain itu rasanya perlu membagi sediiiiiiiikit yang saya ketahui tentang apa-apa yang bisa memenej hati agar lebih mendekat dan mengingat Ilahi Robbi. 

Awalnya semenjak saya mengandung, doa yang paling saya hapal adalah "Robbi habli minas sholihin".. dengan maknanya "Ya Allah karuniakanlah kepada hamba anak yang sholeh/ah." Setelah berdoa seperti itu, meluncurlah saya ke youtube, nyari kajian tentang cara supaya bisa punya anak yang sholeh. Kenapa mesti anak yang sholeh? Karena doa anak sholeh kepada orang tuanya akan terus bisa nyampe walaupun orang tuanya udah meninggal dan beda dunia T.T dan bisa nolong orang tuanya ketika di akhirat kelak. (Untuk haditsnya cari sendiri aja ya :D) 

Balik lagi ke pencarian di youtube, tentang gimana caranya punya anak sholeh. Dan dari sekian banyak hasil pencarian, jawabannya adalah... "Jadilah orang tua yang sholeh terlebih dahulu." #JLEEEEEBBBBB T_T Ngerasa kaya ketampar terus abis itu dijorokin banget, karena selama ini saya juga ibadah cuma seadanya, ilmu agama juga ga ada. Terus mau punya anak yang sholeh/sholeha? NGACA! Hiks!

Akhirnya setelah itu mulai berusaha berbenah diri. Tapi masih belum tahu harus mulai berbenah dari apanya, bagian apa dulu. Selama ini juga ga punya guru/ustadzah yang bisa ditanya ini itu soal hidup yang lurus itu seperti apa ilmunya. Sebenarnya, nggak perlu nyari jauh kemana-mana karena di deket rumah banget ada Kajian Fiqih setiap hari sehabis subuh. Cuma kajiannya itu masih pakai Bahasa Jawa yang halus sehalus kasih ibu. Jadi otak ini masih agak males untuk nranslet dulu terus baru kemudian memahami dan memasukkannya ke dalam hati. (Manusia memang banyak dalihnya ya). 

Dan saya pun mulai mencari info kajian di internet untuk lokasi yang ngga terlalu jauh dari rumah. Yap! What you seek is seeking you (Jalaluddin Rumi's Quote). Alhamdulillah ketemu banyak banget dan jadi mikir kenapa ga saya cari dari dulu?? Sebenernya dari dulu udah dateng kajian tapi masih milih-milih kalau ustadznya ga terkenal maka ga mau dateng. Astaghfirullahal adziiim...Pencarian pertama itu nyari kajian yang diadain secara rutin dan temanya tematik. Kenapa? Supaya bisa diikutin secara rutin dan bisa memperbaiki ibadah yang compang-camping ini. (Semoga niat nulis ini bener-bener karena Allah dan untuk membagi rasa manis iman itu). 

Soal iman? Fitrahnya memang iman manusia itu naik dan turun. Pagi hari bisa aja iman itu menggebu-ngebu dalam jiwa, sore hari? iman itu kadang ga tau ada dimana. Jadi ikut majelis ilmu itu menurut saya tujuannya untuk ngecas iman. Biar kalo drop seenggaknya ga drop-drop banget, biar kalo kita melenceng, seenggaknya ga melenceng-melenceng banget. 

Balik lagi soal nyari kajian rutin mana yang bisa didatengin. Ketemulah kajian yang bertempat di Ruang Perpustakaan Masjid Gede Khauman. Awalnya kesana diantar suami karena belum tau tempatnya. Dan pertama kali datang kesana, Masya Allaah... Alhamdulillah.. Tabarakallah... Masih kaku dan takut untuk masuk, akhirnya ngeberaniin diri untuk nyapa orang yang lagi sama-sama mau masuk ke dalam gedung. 

Foto Masjid Khauman tampak depan dan diambil dari pinterest.. Karena kalau sedang di luar saya jarang megang hape apalagi untuk foto :D

Pas masuk langsung disambut beberapa akhwat dengan ucapan salam hangat dan wajah yang menyejukkan (ini saya artikan sebagai rezeki yang ga bisa saya dapetin kalau saya cuma di rumah aja). Lalu saya diarahkan dimana saya harus duduk, dan ternyata ruangannya nyaman banget, seperti kelas di sekolah yang ada meja sama kursinya (karena di bayangan sebelumnya, kajiannya duduk rapi berbaris di lantai sambil dengerin ustadzahnya), selain itu ruangannya juga full AC jadi bumil ini ga kegerahan.

Di tengah kajian berlangsung, ada akhwat-akhwat yang bagiin teh satu-satu dianterin ke meja masing-masing dan nawarin dengan ramahnya. (Berasa di pesawat terus ditawarin makan minum sama pramugari). Sempet ada perasaan ga enakan karena dilayanin segini ramahnya. Saya dibagiin teh jahe hangat, untuk camilannya baso tahu dan kue bolu. Ini nikmat Allah dan harus disyukuri :) Nah, selama kajian juga sempet kepikiran nanti pulang naik gojeknya darimana ya. Dan ternyata rezeki lagi, teman yang tadi saya sapa pertama kali di luar gedung menawarkan dengan baiknya untuk nganterin saya pulang sampai rumah. Kebaikan Allah langsung saya rasakan ketika saya berusaha mencari ilmu Allah setelah sekian lama saya merasa dahaga

*Untuk cerita isi kajiannya bersambung di postingan selanjutnya ya :)
......